30 August 2014

[Loker] Lowongan CPNS Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) Tahun 2014

BADAN PEMERIKSA KEUANGAN
REPUBLIK INDONESIA
PENGUMUMAN
Nomor: 03/S.Peng/X-X.3/08/2014
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL GOLONGAN III
PADA PELAKSANA BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI
TAHUN ANGGARAN 2014

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia, Pria dan Wanita, berpendidikan Sarjana (S-1) untuk diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III untuk ditempatkan pada Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan BPK RI di seluruh Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:

I. FORMASI
Sarjana (S-1) dengan jurusan:

1. Ekonomi Akuntansi Pemeriksa III/a 128
2. Ekonomi Manajemen Pemeriksa III/a 25
3. Ilmu Hukum Pemeriksa III/a 52
4. Ilmu Komunikasi Pemeriksa III/a 21
5. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Pemeriksa III/a 3
6. Ilmu Komputer Pemeriksa III/a 20
7. Administrasi Negara Pemeriksa III/a 3
8. Teknik Industri Pemeriksa III/a 2

II. PERSYARATAN
1. Persyaratan Akademis (dalam skala 4):
a. Lulusan Perguruan Tinggi sesuai jurusan dalam formasi yang telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan Kategori A, IPK minimal 3,00 (tiga koma nol nol);
b. Lulusan Perguruan Tinggi sesuai jurusan dalam formasi yang telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan Kategori B, IPK minimal 3,25 (tiga koma dua lima);
2. Persyaratan Usia Pelamar: Berusia 18-28 tahun pada 1 Januari 2015
3. Memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai 450 (diutamakan). Sertifikat TOEFL telah diperoleh sejak 1 September 2013 dan setelahnya.
4. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil; Calon/Anggota TNI; Calon/Anggota Kepolisian pada Saat diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil pada Pelaksana BPK RI.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

III. PENDAFTARAN
1. Pendaftaran seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil BPK RI melalui Portal Panitia Seleksi Nasional melalui laman https://panselnas.menpan.go.id mulai 25 Agustus s.d. 8 September 2014.
2. Pelamar dapat login dan mengunggah kelengkapan dokumen lamaran secara online tanpa pengiriman berkas (paperless) pada laman BPK RI melalui

https://cpns.bpk.go.id, minimal 24 Jam setelah mendaftar di
https://panselnas.menpan.go.id. dengan mekanisme sebagai berikut:

a. Pelamar membaca pengumuman dan panduan pelamar;
b. Mengunggah berkas sebagai berikut :
  1. Pasfoto berwarna 4 x 6 (jpeg) 150 kb
  2. Ijazah S1 sesuai formasi (pdf) 300 kb
  3. Transkrip S1 sesuai formasi - nilai IPK yang dipersyaratkan (pdf) 300 kb
  4. Akte kelahiran (pdf) 300 kb
  5. Bukti akreditasi jurusan sesuai formasi (pdf) 300 kb
  6. Kartu Tanda Penduduk (KTP) (pdf) 300 kb
  7. Sertifikat TOEFL (pdf) 300 kb
c. Proses unggah berkas dapat dilakukan dari tanggal 26 Agustus s.d 12 September 2014.
d. Proses penguncian (locked) paling lambat dilakukan tanggal 12 September 2014 Pukul 24.00 WIB, pelamar yang tidak mengunci pada tanggal tersebut dinyatakan tidak dapat mengikuti proses seleksi administrasi;

3. Pelamar harus dapat menunjukkan ijazah asli pada saat pengesahan Kartu Peserta Ujian (KPU), bagi yang tidak dapat menunjukkan ijazah asli dinyatakan gugur tahapan seleksi.
4. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan dan tidak memenuhi kriteria berikut ini dinyatakan gugur tahapan seleksi.
a. Ukuran Pasfoto selain 4 x 6, dianggap Tidak Memenuhi Syarat.
b. Pelamar diwajibkan mengunggah seluruh halaman transkrip S1.
c. Pelamar tidak diperbolehkan mengunggah SKL dan/atau transkrip sementara.
d. Berkas unggahan yang tidak dapat terbaca oleh panitia dianggap Tidak Memenuhi Syarat.

IV. TAHAPAN DAN PELAKSANAAN SELEKSI
1. Seleksi Penerimaan CPNS dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:
a. Seleksi Administratif;
b. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan Computerized Assisted Tested (CAT);
c. Tes Kompetensi Bidang (TKB).
2. Pelamar yang dinyatakan lulus untuk mengikuti tahap berikutnya hanya akan
diumumkan melalui laman CPNS BPK RI http://cpns.bpk.go.id
3. Pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS akan dilaksanakan di 12 (dua belas) lokasi ujian yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Manado, dan Jayapura berdasarkan pilihan lokasi ujian sebagaimana tercantum dalam laman Penerimaan CPNS BPK RI.
4. Pelamar yang lulus seleksi administrasi dan Jadwal pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar serta Jadwal Tes Kompetensi Bidang akan diinformasikan lebih lanjut melalui laman CPNS BPK RI.
5. Seleksi Penerimaan CPNS per tahap dilakukan dengan sistem gugur dan Keputusan kelulusan yang ditetapkan oleh Panitia tidak dapat diganggu gugat.

V. LAIN-LAIN
1. Pelamar yang mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil BPK RI tidak dipungut biaya.
2. Pelamar yang dinyatakan lulus pada tahap terakhir dan akan diangkat menjadi  CPNS BPK RI wajib menyerahkan Ijazah Asli sesuai formasi untuk disimpan pada Biro SDM BPK RI selama 5 (lima) tahun.
3. Pelamar yang telah diusulkan untuk diangkat sebagai CPNS pada pelaksana BPK RI tetapi mengundurkan diri dan atau apabila selama dalam jangka waktu 5 (lima) tahun ikatan wajib kerja yang telah diperjanjikan mengundurkan diri, diwajibkan membayar ganti rugi sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) untuk disetorkan ke Kas Negara.
4. Setelah diumumkan hasil seleksi tahap akhir penerimaan CPNS Pada Pelaksana BPKRI jika diketahui adanya data yang tidak benar, BPK-RI akan membatalkan kelulusan/proses pengusulan menjadi CPNS atau memberhentikan sebagai CPNS serta melakukan proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku.
5. Informasi resmi yang terkait dengan Penerimaan CPNS pada pelaksana BPK-RI Tahun Anggaran 2014 adalah laman CPNS BPK RI https://cpns.bpk.go.id dan dapat menghubungi Panitia Penerimaan CPNS dengan No. Telp: (021) 25549000 ext. 1229/2229/2230 setiap hari kerja (jam 09.00 – 15.00 WIB) atau melalui surel ke panitiacpns@bpk.go.id.
6. Tenaga Tidak Tetap yang telah bekerja di BPK RI dapat mengikuti seleksi CPNS BPK RI sebagai pelamar umum melalui laman https://panselnas.menpan.go.id sesuai dengan formasi.
7. Panitia Penerimaan CPNS Pada Pelaksana BPK RI tidak menerima dokumen persyaratan secara langsung maupun melalui jasa pengiriman.

VI. PENEMPATAN
1. Calon Pegawai Negeri Sipil hasil penerimaan Tahun Anggaran 2014 akan ditempatkan pada Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan BPK-RI di seluruh Indonesia untuk mengisi kebutuhan sumber daya manusia sesuai formasi yang ditetapkan.
2. Bagi Pelamar yang telah dinyatakan diterima dan diangkat sebagai CPNS, yang bersangkutan tidak dapat menolak/menunda penempatan dengan alasan apapun dan tidak diperkenankan mengajukan pemindahan tempat tugas selama masa ikatan wajib kerja 5 (lima) tahun.

Jakarta, 20 Agustus 2014
BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI
SEKRETARIS JENDERAL
selaku
Ketua Panitia
Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil
Badan Pemeriksa Keuangan RI
Tahun Anggaran 2014

ttd.

Hendar Ristriawan, S.H., M.H.
NIP. 195803211978021001